Desa Mulyo Rejo Gelar Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Guna Cegah Stunting - DESA MULYO REJO

Puskominfo_Mulyo Rejo. Pemerintah Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Gelar Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani Guna Pencegahan Stunting dan Pembangunan BUMDes untuk Pemeliharaan Ekonomi Desa, kegiatan dilaksanakan di Pendopoan Desa Mulyo Rejo dari tanggal 13-15 November 2023.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, KPMD, Bumdes, TP PKK, Bidan Desa, Kader Posyandu dan perwakilan masyarakat dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 20 orang.

Kepala Desa Mulyo Rejo, Suhardi mengatakan bahwa pelatihan ini bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran 2023 yang difasilitasi oleh dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan kesadaran masyarakat khususnya wanita untuk mengubah perilaku dalam mengkonsumsi pangan yang mengarah pada Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal Desa untuk pencegahan Stunting.

Adapun Narasumber dari pelatihan ini terdiri dari Kepala Dinas PMD Kab. Musi Banyuasin, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pendayagunaan SDA-TTG, Bidang Pembangunan Ekonomi Desa, Kecamatan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Perternakan, DPPKB, Dinas Ketahanan Pangan, dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Inspektorat, Polres dan KPAD.

Dari pelatihan kita harapkan bisa dapat menambah wawasan tentang ketahanan Pangan Nabati dan Hewani guna pencegahan stunting bagi warga desa Mulyo Rejo, terutama bagi yang ikut menjadi peserta,” kata Pak Kades.

Pak Kades Suhardi sangat berharap, para warga yang ikut kegiatan pelatihan ini bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas.

Selanjutnya, peserta pelatihan Ibu Ida Laila mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dari pelatihan ini saya dapat mengetahui apa itu stunting serta pencegahannya dan lebih memahami bagaimana peranan keluarga dalam meningkatkan ketahanan pangan. (Np87)